PROGRAM TAHUNAN KELAS II
NO | SEMESTER SATU | NO | SEMESTER DUA |
1. 2. 3. 4. 5. 6. | PERISTIWA KESEHATAN DIRI SENDIRI HIBURAN LINGKUNGAN TEMPAT UMUM | 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. | HEWAN DAN TUMBUHAN PERISTIWA BUDI PEKERTI KEGEMARAN BINATANG KEGIATAN SEHARI-HARI KESEHATAN LINGKUNGAN |
Mengetahui Kepala Sekolah Drs. Imam Santoso NIP. 19610616 198012 1003 | Gabus, Januari 2011 Guru Kelas Sudarti NIP. 19690808 200801 2013 |
PROGRAM SEMESTER DUA
KELAS : II (Dua)
TAHUN : 2010/2011
NO | TEMA | MAPEL | STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | ALOKSI WAKTU |
1. | Hewan dan Tumbuhan | Bahasa Indonesia Matematika | 5. Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan 6. Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita 7. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati 8. Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak 3. Melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka | 5.2 Menceritakan kembali isi dongeng yang didengarnya 6.1 Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain 7.1 Membaca nyaring teks (15-20 kalimat) dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat 8.1 Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis 3.1 Melakukan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka | 2 minggu |
2. | Peristiwa | Bahasa Indonesia | 7. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati 8. Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak 4. Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari | 7.1 Membaca nyaring teks (15-20 kalimat) dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat 8.1 Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis 4.1 Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang, dan sore hari | 2 minggu |
NO | TEMA | MAPEL | STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | ALOKSI WAKTU |
| | Matematika | 4. Mengenal unsur-unsur bangun datar sederhana | 4.1 Mengelompokkan bangun datar 4.2 Mengenal sisi-sisi bangun datar 4.3 Mengenal sudut-sudut bangun datar | |
3 | Budi pekerti | Bahasa Indonesia PKn Matematika | 5. Memahami teks pendek dan puisi anak dilisankan 8. Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak 3. Menampilkan sikap demokratis 4. Menampilkan nilai-nilai Pancasila 3. Melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka | 5.1 Menyampaikan pesan pendek yang didengarkan kepada orang lain 8.2 Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung 3.1 Mengenal kegiatan bermusyawarah 3.2 Menghargai suara terbanyak (mayoritas) 3.3 Menampilkan sikap mau menerima kekalahan 4.1 Mengenal nilai kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari 4.2 Melaksanakan perilaku jujur, disiplin dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari 3.3 Melakukan operasi hitung campuran | 2 minggu |
NO | TEMA | MAPEL | STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | ALOKSI WAKTU |
| | | 4. Mengenal unsur-unsur bangun datar sederhana | 4.3 Mengenal sudut-sudut bangun datar | |
4 | Kegemaran | Bahasa Indonesia IPS | 7. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati 8. Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak. 2. Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga | 7.1 Membaca nyaring teks (15-20 kalimat) dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat 8.1 Mendeskripsikan tumbuhan dan binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis 2.1 Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga | 1 minggu |
5 | Binatang | Bahasa Indonesia | 5. Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan 6. Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita 7. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati | 5.2 Menceritakan kembali isi dongeng yang didengarkan 6.1 Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain 7.1 Membaca nyaring teks sebanyak 15-20 kalimat dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat | |
NO | TEMA | MAPEL | STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | ALOKSI WAKTU |
| | Matematika IPS IPA | 8. Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak 3. Melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka 2. Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga 3. Mengenal berbagai sumber energy yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya 4. Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari | 8.1 Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis 8.2 Menyalin puisi anak dengan huruf sambung yang rapi 3.1 Melakukan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka 3.2 Melakukan pembagian bilangan dua angka 3.3 Melakukan operasi bilangan campuran 2.3 Memberi contoh bentuk-bentuk kerja sama di lingkungan tetangga 3.2 Mengidentifikasi jenis energy yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya 4.2 Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari | |
6 | Kegiatan sehari-hari | Bahasa Indonesia | 5. Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan | 5.1 Menyampaikan pesan pendek yang didengarkannya kepada orang lain | 3 minggu |
NO | TEMA | MAPEL | STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | ALOKSI WAKTU |
| | Matematika | 6. Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita 7. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati 8. Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak 3. Melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka | 5.2 Menceritakan kembali isi dongeng yang didengarnya 6.1 Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar, sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain 6.2 Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri. 7.1 Membaca nyaring teks sebanyak 15-20 kalimat dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat 7.2 Menyebutkan isi teks agak panjang (20-25 kalimat) yang dibaca dalam hati 8.1 Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis 8.2 Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi 3.1 Melakukan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka | |
NO | TEMA | MAPEL | STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | ALOKSI WAKTU |
| | IPS PKn IPA | 4. Mengenal unsur-unsur bangun datar sederhana 2. Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga 3. Menampilkan sikap demokratis 4. Menampilkan nilai-nilai Pancasila 3. Mengenal berbagai sumber energy yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya | 3.2 Melakukan pembagian bilangan dua angka 4.1 Mengelompokkan bangun datar 4.2 Mengenal sisi-sisi bangun datar 2.1 Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga 2.2 Menceritakan pengalaman dalam melaksanakan peran anggota keluarga 2.3 Memberikan contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga 3.1 Mengenal kegiatan bermusyawarah 3.2 Menghargai suara terbanyak 4.1 Mengenal nilai kejujuran kedisiplinan dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari 3.2 Mengidentifikasikan jenis energy yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya | |
NO | TEMA | MAPEL | STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | ALOKSI WAKTU |
7. | Kesehatan | Bahasa Indonesia | 5. Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan 6. Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita 7. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati 8. Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak | 5.1 Menyampaikan pesan pendek yang didengarnya kepada orang lain 6.1 Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain 7.1 Membaca nyaring teks (15-20 kalimat) dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat 8.1 Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi | 2 minggu |
8. | Lingkungan | Bahasa Indonesia | 6. Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita | 6.1 Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain | 3 minggu |
NO | TEMA | MAPEL | STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | ALOKSI WAKTU |
| | Matematika IPA | 8. Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak 3. Melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka 4. Mengenal unsur-unsur bangun datar sederhana 3. Mengenal berbagai sumber energy yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-ahri dan kegunaannya 4. Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari | 6.2 Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri 8.1. Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang disekitar secara sederhana dengan bahasa tulis 8.2 Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi 3.1 Melakukan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka 3.2 Melakukan pembagian dua angka/bilangan dua angka 3.3 Melakukan operasi hitung bilangan campuran 4.1 Mengelompokkan bangun datar 4.2 Mengenal sisi-sisi bangun datar 4.3 Mengenal sudut-sudut bangun datar 3.2 Mengidentifikasikan jenis energy yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya 4.1 Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari | |
NO | TEMA | MAPEL | STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | ALOKSI WAKTU |
| | IPS | 2. Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga | 4.2 Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari 2.2 Menceritakan pengalaman dalam pelaksanaan peran dalam anggota keluarga 2.3 Memberi contoh bentuk kerjasama di lingkungan tetangga | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar